Jumat, 19 Oktober 2012

Mengenal Keanekaragaman Budaya Indonesia

Mengenal Keanekaragaman Budaya Indonesia

Mengenal Keanekaragaman Budaya Indonesia

Sayangnya, tidak semua orang menyadari betapa beragamnya budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.
Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat besar. Jumlah penduduknya mencapai hingga lebih dari 200 juta jiwa dan terdiri dari berbagai suku, agama, dan ras. Sebagai negara kepulauan, sudah barang tentu budaya yang dimiliki setiap tempat berbeda-beda pula.

Sebut saja upacara Ngaben, Tari Reog Ponorogo, Karapan Sapi dari Madura, dan Sekaten dari daerah Istimewa Yogyakarta. Keragaman budaya tersebut merupakan keniscayaan yang ada di bumi Indonesia. Keragaman budaya di Indonesia adalah sesuatu yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Dalam konteks pemahaman masyarakat mejemuk, selain kebudayaan kelompok dan suku bangsa, masyarakat Indonesia juga terdiri dari berbagai kebudayaan daerah bersifat kewilayahan.

Karenanya, bisa dikatakan Indonesia adalah salah satu negara dengan tingkat keanekaragaman budaya dan atau tingkat heterogenitas yang sangat tinggi. Selain itu, dengan keanekaragaman budaya, Indonesia dapat dikatakan memunyai keunggulan dibanding negara lainnya, yakni Indonesia memiliki potret kebudayaan yang lengkap dan bervariasi. Sayangnya, tidak semua orang menyadari betapa beragamnya budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Padahal, setiap daerah memiliki budaya yang berbeda-beda, mulai dari pakaian adat, rumah adat, tari tradisional, alat musik tradisional, senjata tradisional, bahasa, suku, hingga lagu daerah. Hal ini semakin diperparah dengan derasnya arus globalisasi yang membuat kita tidak bisa memfi lter budaya yang datang dari luar.

Dari mulai gaya hidup, pergaulan, sampai kepada tata kesopanan. Selain itu, kemajuan teknologi yang telah berkembang pesat, merasuk dan membawa banyak perubahan dalam kehidupan manusia, mau tidak mau pasti membawa dampak negatif yang bahkan merusak norma-norma di tengah masyarakat. Untuk mencegah hal itu, perlu kiranya kembali memperkenalkan keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia ini.

Dengan demikian, diharapkan kecintaan dan nasionalisme masyarakat terhadap Indonesia semakin tinggi. Buku dengan judul Kitab Budaya Indonesia ini berupaya mengenalkan budaya Indonesia dengan sangat lengkap. Mulai dari Sabang samapai Merauke. Kita tidak perlu lagi berkeliling Nusantara untuk mengenal budaya negeri sendiri. Cukup dengan buku ini, kita akan mengenal betul budaya tersebut.

Menurut penulis, budaya merupakan bagian dari identitas bangsa, tentu kita tidak ingin dianggap bangsa yang tidak memiliki identitas. Begitu pentingnya, adanya budaya dapat mencitrakan kondisi masyarakat. Budaya yang tinggi mencitrakan masyarakat yang maju, dan budaya yang rendah mencitrakan masyarakat yang terbelakang. Karenanya, suatu yang penting untuk mengenal lebih jauh budaya sendiri.

Buku ini tidak hanya mengenalkan budaya-budaya Indonesia, melainkan berusaha menitik-beratkan perhatiannya untuk melestarikan budaya-budaya tersebut agar tidak hilang begitu saja. Selain itu, buku ini pun menampilkan selayang pandang kerajaan-kerajaan Nusantara, sebut saja Kerajaan Mataram, Majapahit, Demak, Pajang, Singosari, Sriwijaya, dan Banten.

Istimewanya, penuturan ragam budaya dalam buku ini diperkaya dengan gambar-gambar penuh warna yang menarik. Dengan demikian, pengetahuan kita tentang ensiklopedia budaya Nusantara semakin komplet dan sempurna. Pada akhirnya, membaca buku ini akan menyadarkan kita bahwa Indonesia sangatlah mengagumkan dan kaya akan berbagai budaya dan keanekaragaman. Penulis, di akhir bukunya, menjelaskan akan penting menjaga diri dari pengaruh budayabudaya luar yang mulai masuk ke bangsa ini.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar